Ayo Mulai Berkreativitas di Era Digital, Ini Saatnya…

Pengertian sederhana dari Proses kreatif adalah tindakan membuat hubungan baru antara ide-ide lama atau mengenali hubungan antar konsep. Berpikir kreatif bukanlah tentang menghasilkan sesuatu yang baru dari batu tulis kosong, melainkan tentang mengambil apa yang sudah ada dan menggabungkan potongan-potongan itu dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Artinya setiap orang bisa mulai Mencoba, Belajar dan  Berlatih karena Kreativitas itu adalah proses yang bisa di mulai setiap orang.

Berpikir Kreatif: Takdir atau Perkembangan?

Berpikir kreatif membutuhkan otak kita untuk membuat hubungan antara ide-ide yang tampaknya tidak berhubungan. Apakah ini keterampilan yang kita miliki sejak lahir atau yang kita kembangkan melalui praktik?

Dari berbagai penelitian ternyata bahwa kreativitas adalah keterampilan yang dapat ditingkatkan, mari kita bicara tentang mengapa, bagaimana, dan pembelajaran memengaruhi hasil kreatif Anda.

Kecerdasan dan Berpikir Kreatif

Kecerdasan tidak ada korelasi dengan kreativitas yang luar biasa. Sebaliknya, Anda hanya harus menjadi pintar (bukan jenius) dan kemudian bekerja keras, berlatih dengan sengaja dan menempatkan repetisi Anda.

Bertumbuhnya Pola Pikir

Salah satu komponen terpenting lahirnya kreativitas adalah bagaimana Anda memandang bakat Anda secara internal. Lebih khusus lagi, keterampilan kreatif Anda sangat ditentukan oleh apakah Anda mendekati proses kreatif dengan mindset tetap atau mindset berkembang.

Malu dan Kreativitas

Bagaimana kita bisa menerapkan mindset berkembang pada kreativitas secara praktis? Pada dasarnya, itu tergantung pada satu hal: Kesediaan untuk terlihat buruk ketika melakukan suatu kegiatan.

Jangan malu apabila seseorang mengkritik atau menghakimi bahkan menjatuhkan ide kreatif Anda. Pada dasarnya, tidak semua ide itu bisa diterima semua orang. Gunakan kritik dan nasehat dari orang lain untuk memperbaiki ide yang ada.